Maybe

21.20

Awalnya, saya tidak punya masalah apa-apa dengan kata 'maybe'. Sampai hari itu tiba.

Iya, untuk yang kedua kalinya, di tahun 2014 ini, saya ikut aidol lagi. Dan gagal lagi.


Senyum yang hanya indah di awal.
Dan terjadi lagi.... (dengan nada NOAH)

Di aidol yang katanya season terakhir ini, saya tereliminasi di babak eliminasi pertama, 97 besar. Saat itu, saya memilih lagu Payung Teduh - "Angin Pujaan Hujan". Maksud awal saya nyanyi lagu itu sebenernya biar lagu Payung Teduh bisa 'berkumandang' di televisi 'gede'. Namun, apa daya. Udah tereliminasi, nyanyinya nggak ditayangin pula.


*elus dua golden ticket*

Yang lebih dramatasinya lagi, eliminasi saya kali ini diwarnai oleh harapan. Harapan melalui kata 'maybe'.

*terdengar alunan piano lagu Titanic*

Rupanya ada peraturan baru di season ini. Penilaian tahap eliminasi pertama dilakukan dengan... lampu. Jadi, sebagai juri, Anang, Dhani, Titi DJ, dan Tantri akan menyalakan lampu untuk menilai penampilan peserta. Syarat lolos adalah tiga lampu hijau. Sedangkan syarat gagal adalah tiga lampu merah. Seandainya ada  peserta yang fifty-fifty (dua merah, dua hijau), maka ia akan masuk ke kategori 'maybe' dulu untuk dipanggil ulang. Aya-aya wae. Ono-ono ae. Ada-ada saja.


Ketika selesai nyanyi Payung Teduh, saya dapat lampu hijau dari Dhani dan Tantri. Mungkin, cuma mereka berdua yang tahu lagunya. Mungkin.

Ya udah, setelah dikasih maybe, saya dan peserta lain nunggu. Coba, bayangin, gimana perasaan orang yang di-maybe-in dan disuruh nunggu. Bayangin.

Setelah nunggu lumayan lama (karena ada adegan Husein cukuran di atas panggung), para peserta maybe pun dipanggil kembali. Saya kira, kami semua akan disuruh nyanyi sekali lagi. Ternyata nggak. Langsung pengumuman. Satu per satu nama dipanggil, satu per satu peserta balik kanan tereliminasi. Dan ketika tersisa empat dari dua puluh orang, saya masih ada. Betapa senangnya hati saya... saat itu.

"Cuma ada dua dari empat ini yang lolos ke babak berikutnya," kata Dhani.

"Indra. Maju," kata Anang, datar.

Dengan muka yang udah dipasang seinosen mungkin, saya maju dua langkah ke depan. Dalam hati, saya optimis.

Ah, udah tinggal empat orang. Pasti lolos lagi.

Saya malah udah mikirin gaya selebrasi dengan cara buka kemeja, teriak-teriak histeris kayak cewek, kemudian lari-lari keliling panggung sambil melet-melet ke peserta lain. Untung niat itu berhasil saya urungkan. Saya tidak mau didiskualifikasi.

"Sebenarnya kamu ini punya banyak potensi," kata Dhani, membuyarkan lamunan saya soal selebrasi lolos, "tapi mungkin di bidang lain. Kamu mungkin bisa jadi gantinya Daniel. Belum ada, lho, host yang kribo."

Saya hanya terdiam, tetap menyimak. Mungkin ini hanya kalimat uji mental.

"Sayang sekali, bukan tahun ini," tutup Dhani.

Sesaat setelah kalimat penutup Dhani, saya menghela napas, mengangguk, dan balik kanan. Selamat tinggal, aidol.


,,,,,,

Di ruang tunggu, sekitar pukul lima subuh (iya, mulai acaranyanya pukul sepuluh pagi, kelarnya pukul lima subuh), peserta-peserta lain yang tidak lolos bersiap-siap untuk balik ke hotel. Ada yang masih terisak, ada yang mukanya datar-datar aja, ada juga yang langsung tiduran di kursi sambil nunggu dijemput buskarena stamina kami emang udah terkuras.

Beberapa menit kemudian, Anang dan Dhani lewat di ruang tunggu. Tanpa pikir panjang lagi, saya mengambil dua buku Idol Gagal di tas ranselyang udah saya siapin sebelumnyadan memberikannya ke mereka berdua. Sebagai orang yang mengeliminasi saya tahun lalu dan tahun ini, mereka harus punya buku saya. Sekalian promosi. Ha. Ha. Ha.

Nggak banyak kata-kata yang dibilang Anang waktu saya ngasihin buku Idol Gagal ke dia. Dia cuma buka-buka bukunya sebentar, menaikkan kedua alisnya, mengucapkan terima kasih, lalu pergi.

Lain halnya dengan Dhani.

"Lho, kamu nulis buku juga," kata Dhani sambil manggut-manggut. Dia memperhatikan buku saya sebentar, lalu lanjut bilang, "Tulis nomer hapemu di bukunya."

"No-nomer hape saya, Mas?" tanya saya, masih tidak percaya.

"Iya. Nomermu. Cepetan."

Berhubung nggak bawa pulpen, saya panik. Dengan auto focus mata yang saya bisa, saya mencari, siapa tahu ada pulpen nganggur di sekitar ruangan. Nggak mungkin saya izin dulu keluar RCTI buat beli pulpen. Kejauhan.

Untungnya, sebuah pulpen biru di bawah kursi salah satu peserta berhasil menyelamatkan silaturahmi saya dengan Dhani. Saya pun menuliskan nomor hape saya di halaman pertama Idol Gagal.

"Sip," kata Dhani sambil menerima kembali buku saya. "Suaramu itu bukan Idol. Coba ikut X Factor nanti."

"X Factor? Waduh. Lihat nanti, deh, Mas. Hehehe," jawab saya, bingung.

Dengan kalemnya, dia tersenyum, lalu menyusul Anang keluar dari ruang tunggu.


,,,,,,

Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Apakah saya cuma diambung-ambung oleh Dhani? Maybe. Apakah saya mau dimasukin RCM (sebagai tukang pegangin mikrofonnya Judika)? Maybe. Apakah rezeki saya memang di X Factor? Maybe. Kita lihat saja nanti. Yang pasti, tahun ini lulus kuliah dulu. Yang ini jangan maybe, tapi keharusan. Amin.

Oh, iya. Ini dia cuplikan foto-foto talkshow Tulang Rusuk Susu putaran pertama:









Terima kasih kepada temen-temen yang udah mau bela-belain dateng, padahal lagi pada kena banjir. Terima kasih yang udah ngasih oleh-oleh dari kota masing-masingtermasuk yang ngasih catokan rambut. I love you all.

See you on X Factor Indonesia season kedua. Maybe.


,,,,,,

Terima Kasih Sudah Membaca!

49 Komentar

  1. Viedonya waktu nyanui nggak ada yah?

    BalasHapus
  2. yaah mungkin belum jodohnya mas. kmu nulis skripsi dulu aja, siapa tau seiring jalannya waktu ada yg tertarik sm suara merdu mu. semangat ya mas kribo :D

    BalasHapus
  3. Apakah bang indra berhasil menemukan tulang rusuknya di X-Factor? Maybe.

    Aku kira yang di bagiin buku tulang rusuk susu, bang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal jodoh-jodoh, mah, amin juga.

      Hapus
    2. Di Amin-in, bang. :)
      Bang, sebenernya aku tuh, ya, udah nyiapin pulsa dari jauh-jauh hari untuk mendukung,mu. Jarang-jarang loh, aku punya pulsa haha

      Hapus
  4. Apapun yang terjadi, gue tetep nge-fans ama lo! Kalo kata orang2 badai disekitar gue, selalu percaya sama "Right man, in the right place at the right time" Semangat Bang Kibow :)

    BalasHapus
  5. Talkshow Tulang Rusuk Susu selanjutnya diMakassar, maybe.

    BalasHapus
  6. ada rencana bikin buku Menuju ekpaktor nggak bang?

    BalasHapus
  7. Sayang, nggak lolos lagi. Nggak ditayangin pula. Apakah akan ada Idol Gagal 2? Maybe.

    Semangat terus, Ndra ( '-')9

    BalasHapus
  8. Mas, talkshow ke Lumajang dong. Sekalian ke B-29 gitu :D

    BalasHapus
  9. Yah, aku gak bisa datang pas kamu talkshow di Bandung. Berikutnya, kalau ada talkshow ke Bandung lagi, aku datang deh. Maybe.

    BalasHapus
  10. Jangan nyerah ya bang. Tuhan pasti udah nyiapin rencana yang terbaik #ea :))

    BalasHapus
  11. Ih Anang judesss beneran ya ternyataaaaaa .. *bantuin asah golok* Grrkkkk
    Semangat selalu buat mas indra. toh, keberhasilan tuh kegagalan yang ditumpuk buat tangganya. hehe Semoga ga di-maybe-in juga ya sama dosen pembimbingnya .. *eh :D

    BalasHapus
  12. Bang Indra ulun tunggu pian lah di Samarinda bang, talkshow bang di Samarinda

    BalasHapus
  13. yah bang indra...cemangat terus bang,siapa tau gara gara mas ahmad dhani minta nomer, bisa jadi penerus mulan jamilah ;;))

    BalasHapus
  14. Ngga mau nyoba AFI mas? hahaha . Eh fotoku ada di talkshow Depok sama Bekasi, biarpun nyempil dikit, usaha ujan-ujanan gak sia-sia sampe ke Depok ketemu mas Indra ahaha :)

    BalasHapus
  15. demi liat mas indraa di idol sampe relaa banget numpang tidur dikamar kost kawan tapi ternyataa belom lolos :'( ehh tp aku tunggu dehh mas di X-Factor yaa dan semoga cepat wisudaaa :D

    BalasHapus
  16. Yang ngasih catokan? Hmmm... aku sama mba wita maksudnya? sip -_-

    BalasHapus
  17. Apakah Indra Widjaya bakalan ke Jambi di talkshow putaran kedua? MAYBE
    semangat terus ya Bang, rezeky mah ga bakalan ketuker. Kita selalu ada kok buat Bang Indra, ga ake kata "maybe" tapi "always". We love you, ditunggi talkshow di Jambi =)

    BalasHapus
  18. Semoga skripsinya gak bernasib sama kayak aidel. Aku baru aja ngebayangin gimana rasanya kerja keras sampe nguras tenaga dan waktu dan pada akhirnya cuma di maybe-in. Tapi percayalah.. Semua akan indah pada waktunya. Kalo kata justin bieber: BELIEVE.
    Tetap semangat, Mas. Keep inspiring.

    Anyway, aku setuju sama Dhani, kenapa nggak kamu jadi host gantiin Daniel, kan lucu gitu idol gagal jadi host Indonesian idol. Wassalam. ^^v

    BalasHapus
  19. Apapun yg terjadi, I'll always be a loyal Imagindration bang Indraaaaaaaa��
    Pengen banget #IdolGagal sama #TulangRusukSusu -ku ditandatanganin abang :""""(
    Karna apalah rasanya buku tanpa ttd penulisnya hiks :"""""(
    Ditunggu di Batam ya, bang!!!
    Harus ke Batam pokoknya!!!!
    *udah sampe kebawa mimpi bisa ketemu abang:"(*

    BalasHapus
  20. terus menginspirasi mas. gak harus lewat idol. santai. banyak jalan menuju ekpaktor *lah

    BalasHapus
  21. apakah bang indra akan talkshow ke batam ? maybe ...
    gue tunggu lu nonggol di x-traktor eh x-factor

    BalasHapus
  22. Walaupun gagal di Idol, yang penting gak pernah gagal di hati imagindration. #eaaaaa

    ditunggu kelulusannya, buku ketiganya dan penampakan rambut kribomu di ekspaktor sesen duaaaaaaaa kang indraaaaaa *peluk rambut kribonya*

    BalasHapus
  23. jadi penulis aja deh kak, ntar kalo jadi penyanyi, nggak ada buku2 karya indra widjaya lagi :(

    BalasHapus
  24. Janji loh ya mas lulus taun ini... Kita lulus barengg, kamu lulus skripsi, aku lulus masuk ptn. Amiin

    BalasHapus
  25. Mas indra tetap semangat ya :-D

    BalasHapus
  26. Semenjak bang indra di eliminasi kemarin aku jadi males nonton aidol ._.

    BalasHapus
  27. Apakah bang indra bakal uninstal flappy bird ? Maybe . Apakah bang indra akan ikutan download ironpants ? Maybe . Apakah kita wisuda bareng ? Aamiin tahun ini ! (Saya angkatan 2010)

    BalasHapus
  28. kalo cita2 yg gagal masih bisa direvisi bang.. semangat

    BalasHapus
  29. Semangat terus bang kriboo! Mungkin harus wisuda dulu biar pintu keberhasilannya kebuka. Pian tu kada usah masuk Aidol gin, sudah terkenal jua *bahasa banjar

    BalasHapus
  30. bro, sukses buat skripsinya. sama2 berjuang buat skripsi yaa --a

    BalasHapus
  31. Kayaknya disuruh fokus nyelesain SKRIPSI deh bang, makanya nggak lolos Aidol. kan kalo lolos, skripsinya ditangguhkan lagi. semangat bang mungkin emang harus di X factor atau di RCM tempatnya bang indra mengawali karier :)

    BalasHapus
  32. Judulnya "Imagindration goes to Malang" kalau abang wisuda nanti. Serius. :D

    BalasHapus
  33. mas Indra nanti klo nerbitin buku ke 3 coba deh kasi bonus CD lagu yg nyanyi mas Indra Ssendiri. 1 lagu g papa klo bisa lagu ciptaan sendiri. Beli buku bonus singel lagu. kern tuh.....

    BalasHapus
  34. Ikut X-Factor aja mas. Sapa tau dari X-Factor bisa jadi inspirasi bikin buku ke-tiga, "X-Factor Gagal"

    BalasHapus
  35. Me too....
    I also have a problem related with "maybe" word... to day!
    maybe i get the consequence from my teacher, or maybe i not get every consequece from he..
    i dont like "maybe" word any more..

    BalasHapus
  36. Karena "Nggak ada vocabulary "menyerah" di dalam kamus besar hidup seorang Indra Widjaya" dan "A True Man never Say Huft" JADI MAJUU TERUUSSS MASSSS KRIBOOOO ,AKU SELALU SUPPORT KAMU <3

    BalasHapus
  37. abis baca ini, langsung donlod payung teduh, never heard that one before.

    BalasHapus
  38. aoakah maybe bisa menjadi approved? :) tetap semangat brooo.

    BalasHapus
  39. ayo bang nulis buku lagi kasih judul " maybe" :)

    BalasHapus
  40. "Maybe" kata-kata yang bisa bikin orang harap-harap cemas. Semisal PHP, Gantung, dan.. Hal-hal belum pasti dalam pikiran kita. Semangat terus ya, Booooo (^^)9

    BalasHapus

Popular Posts

CONTACT ME!

Nama

Email *

Pesan *