Idol Gagal: Duka Suka 'Mahasisa Pinggir Tebing'

15.52

Awalnya, blog ini dibuat hanya untuk menyalurkan birahi saya dalam menulis. Yang sudi membaca juga paling ya para mutual friends dan orang-orang lain... yang tentunya... pasti... lagi nggak ada kerjaan. 
    
Isi yang ada di dalam blog ini juga cuma tulisan, dan sedikit foto-foto. Nggak ada link macam-macam. Tujuan saya, selain malas mengurusi ini-itu yang ada di dalam blog, saya mau, orang-orang kalau buka blog saya itu tujuannya ya cuma satu: baca cerita.

Nah, suatu hari, salah seorang mahasisa abadi turunan pertama yang bernama Alitt (@shitlicious) secara nggak sengaja menemukan blog ini. Waktu itu Alitt sedang iseng blogwalking dengan keywords 'mahasiswa' di Google. Kebetulan, blog saya ada di halaman pertama dari hasil search itu. Lalu, setelah blog saya dibuka, Alitt membaca salah satu posting-an saya yang berjudul 'Mahasisa'. Setelah membaca 'Mahasisa' dilanjutkan cerita-cerita lain yang ada di dalam blog saya, Alitt langsung kepo. Dia melihat bio Blogger yang saya tulis di blog, dan langsung menemukan saya di Twitter. Kami akhirnya jadi saling kenal.
    
Dari basa-basi sebentar, Alitt langsung berkata, "Ayo bikin buku. Gue bantuin." Tanpa berkomentar apa-apa lagi, mendengar tawaran yang sangat dadakan ini, saya langsung setuju.


Setelah berdiskusi lewat BBM dan telepon, Alitt membimbing saya untuk menemukan sebuah 'benang merah' dalam buku. 'Benang merah' buku itu sangat penting, karena hal tersebut sangat membantu mengatur pembahasan cerita kita supaya nggak berantakan. Jadi, dalam satu buku itu alurnya harus jelas. Berhubung selama ini hidup saya jarang sekali mengalami keberhasilan, maka dipilihlah suatu 'benang merah': kegagalan.
    
Saya pun menjelaskan semua kegagalan bertubi-tubi dalam hidup saya kepada Alitt. Mulai dari gagal Akpol, sampai... yang barusan ini..., gagal Indonesian Idol 2012.

"Perkuat, tuh, semua kegagalan yang lo alami. Cari juga cerita-cerita waktu zaman sekolah, dan jadiin sebuah alur," lanjut Alitt.

Perjuangan saya berkutat dengan naskah buku pun dimulai. Selama hampir 3 bulan saya ngebut ngetik sambil konsultasi sama Fial, editor saya, yang sekaligus juga menjadi editor dari Alitt. Bimbingan menulis dan masukan-masukan yang diberikan Fial sangat membantu saya dalam mengembangkan tulisan. Arigato, Fial.

,,,,,,

Sekarang, hasil dari pengorbanan saya selama ini ternyata tidak sia-sia. Naskah penuh yang selama ini saya idam-diamkan AKHIRNYA JADI JUGA. Walaupun sering terdesak deadline, saya tetap mengusahakan sebuah cerita-cerita yang kesannya nggak buru-buru. Maklum, penulis dadakan. Ehm.

Seperti buku pada umumnya, naskah ini harus punya judul. Awalnya, saya memberi judul buku ini: Mahasisa Pinggir Tebing. Kemudian, berganti menjadi Indonesian Gagal. Namun, setelah Fial mendiskusikan judul-judul tersebut ke Windy Ariestanty, Gita Mariana, sampai ke Raditya Dika, akhirnya judul buku saya berevolusi menjadi:

    Idol Gagal: Duka Suka 'Mahasisa Pinggir Tebing'



Jujur, sungguh sakit hati ini melihat cover Idol Gagal ini. Semuanya terasa... fana.

Bagi yang belum tahu, pasti bertanya-tanya, "Ngapain itu ada embel-embel pinggir tebing?" Nah, para kerabat saya di Twitter rata-rata daridulu sudah mengerti, kalau saya itu... hobi 'berdiri di pinggir tebing' kalau sedang galau. Kenapa harus tebing? Silakan tanyakan pada tebing yan tidak bergoyang.

Idol Gagal ini menceritakan tentang semua kegagalan yang saya pernah alami dalam hidup, mulai dariah, beli sajalah nanti.
  
Sebagai seorang 'penemu' tulisan saya, Alitt juga akan membuka buku saya dengan kata-katanya yangah, beli sajalah nanti.

,,,,,,

TERTARIK MEMBELI BUKU INI? TERTARIK UNTUK MENGETAHUI PERJALANAN DAN KEGAGALAN SAYA DITINGGAL SEAN, REGINA, DION, YODA, DERA, FEBRI, ROSA, RIO, IVAN, SANDY, BELINDA, DAN KHANZA KE BABAK SPEKTAKULER INDONESIAN IDOL 2012? MAKANYA, BELI NANTI YA! OKE? BAGUS!

OH IYA, MASALAH WAKTU TERBITNYA IDOL GAGAL DI TOKO-TOKO BUKU SELURUH DUNIA INDONESIA NANTI PASTI AKAN DIKABARIN LEWAT BLOG INI, SAYA JUGA MASIH MENUNGGU KABAR DARI PENERBIT BUKUNE. TUNGGU SAJA!!! YEAH!!!

,,,,,,

Terima Kasih Sudah Membaca!

40 Komentar

  1. mantabbb yg penting harga bersahabat dengan anak kos :D

    BalasHapus
  2. pokonya gue harus beli dan baca ! udah ga sabar nih pengen ngetawain lo atas " KEGAGALAN" lo :p

    BalasHapus
  3. Asikk bangatt kayaknya ya akak Indra. Sangat kocak la tu sepetinya :D^^

    BalasHapus
  4. Asikk bangatt kayaknya ya akak Indra. Sangat kocak la tu sepetinya :D^^

    BalasHapus
  5. Asik gelarnya nambah nih Bang ''Mahasiswa abadi dan penulis kegagalan''
    Keren bang !
    Mbah gue juga mau gue beliin buku lo aah haha

    BalasHapus
  6. Buat imagindration yang cantik gratis yeee bang (~^o^)~

    BalasHapus
  7. Kak, kalo mau beli untuk daerah Surabaya ada di toko buku mana?

    BalasHapus
  8. makin gasabar nunggu, secepatnya ya bang. roman romannya setelah buku lo keluar, bakal rame di twitter nih bang.

    BalasHapus
  9. tgl dpan ketoko buku ah,sp tau dah mpe tmptkuu

    BalasHapus
  10. Asekkk, gue pembeli pertama entar wakkakakakak

    BalasHapus
  11. Biarpun idol gagal, semoga bukunya sukses ya bang !

    BalasHapus
  12. sejujurnya gue ngakak liat covernya, ga ngebayangin gmn nyeseknya lo pas tu cover didesain </3

    BalasHapus
  13. Kayaknya haruz beli nich buku...
    pengen cepet baca isinya...

    indonesian idol boleh saja gagal,,tapi dari kegagalan ini, mungkin ini awal karirmu jadi seorang penulis buku yang sucses..
    sucses ya...:)

    BalasHapus
  14. CONGRATS!
    WAJIB BELI!!! *BELINYA NITIP ABANG BIAR GAK KEHABISAN*

    BalasHapus
  15. fotokopi aja ya bang.. yang penting kan baca buku lo...

    BalasHapus
  16. secepatnya yah ka, udah gak sabar buat bacanya :')

    BalasHapus
  17. Mantabb.. ditnggu yah buku'a

    BalasHapus
  18. Gue makin ga sabar untuk mendapatkan sebuah buku yang isinya pasti bakalan kocak dan tentunya juga memberikan pelajaran bagi seseorang yg pernah gagal untuk bangkit lagi.Hidup #Idolgagal! hidup #imagindration! *ikat tali rapia di kepala*

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran gue pengen baca, kayanya ngenes banget ya :')
    SUKSES BANG!

    BalasHapus
  20. Keren Ndra. Kalo sampe Makassar gue beli buku lo ;)

    BalasHapus
  21. Mancapp!!!ga sabar liat bukuny,pasti ad cerita dibully d twitter tiap mlm spekta Idol ny jg kn bro..??*kisah plg ditunggu..hahahaa #saksesss ;)

    BalasHapus
  22. MANTAP!!!

    tp kok duka suka -..-

    BalasHapus
  23. MAU BELIIIII!!! gapapa kok bang judulnya kaya gitu malah unik jadi bikin orang penasaran buat beli hahaha

    BalasHapus
  24. yampun, gue ng'fans ama bang indra wehh. Sejak kemunculan bang indra di indo idol. Yg paling gabisa gue lupa wktu audisi nyanyiin lazy song. Sumpahh KERREENNN abissss !!! :D
    Gue tunggu buku lo bang indra widjaya ;)

    BalasHapus
  25. harus beli buku ini ...semoga KEGAGALAN bang indra gak nular ke saya ....amin aminn

    BalasHapus
  26. semoga sukses juga indra :D ...

    BalasHapus
  27. pasti gua beli deh
    sumpeehh

    BalasHapus
  28. lammmmaaa banget kluar buku nya..
    cptan dong ..
    gak sbar mw bellliiii...

    BalasHapus
  29. keren bang indra...
    berkarya terus dan sukses buat buku perdana nya..
    speechless juga ngeliat bang indra+ bang bena barengan..kalian inspirasi saya buat posting di blog ! yeah.

    BalasHapus
  30. Gaya bahasanya mirip bang radit yah

    BalasHapus
  31. ndra, buat aku gratis ya? hahahaha :p

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. stoknya smpe' makassar gak ka indra?

    BalasHapus
  34. Kemaren gw cari di toko buku kok belum ada ye

    BalasHapus
  35. Suka banget sama novel "idol gagal"nya Indra Widjaya,, Bagus Ceritanya bikin semangat buat orng yang belum tercapai cita2nya. keren!

    BalasHapus
  36. hahah bagus om indra .. aku sampe kebawa ketawa-ketawa . hahah. tau nggak om.. novel idol gagal ini tak jadiin sinopsis di tugas indonesia looh.. haha :D tenang, bakal bagus nih !

    BalasHapus
  37. mantap om indra.. aku suka banget itu buku.. haha tau nggak om novel idol gagal ini tak jadiin sinopsis buat tugas bahasa indonesia di sekolah loh.. tenaang,, bakalan bagus kok. :D haha

    BalasHapus

Popular Posts

CONTACT ME!

Nama

Email *

Pesan *