Guru Oh Guru

20.06

Setiap anak sekolah pasti punya guru-guru yang berkesan, termasuk saya. Berikut adalah guru-guru yang tidak akan saya lupakan selama masa sekolah di SMA 1 Malang. Foto-foto berikut sebagian saya cut-paste ke flashdisk waktu pelajaran di lab komputer dengan mempertaruhkan nyawa. Salam damai.


Bu Yayuk


Dingin, diam, hampa, flat, datar, hening, kosong, tanpa ekspresi, talk less do less, dan suka menyuruh murid-murid untuk mengerjakan LKS. Begitulah Bu Yayuk. Seorang guru Sejarah yang derap langkahnya menuju kelas saja sudah membuat mata saya mengantuk.


Ketika sedang mengajar, dari detik pertama sampai habis, suasana kelas bagaikan upacara bendera ketika lagu Mengheningkan Cipta dinyanyikan.



,,,,,,



Pak Huda

Saya juga bingung mau berkomentar apa tentang pose bapaknya yang seperti ini. Ya, inilah pak Huda. Pelajaran Bahasa Indonesia bersama beliau adalah masa terindah dalam hidup.

Ada tiga kalimat Dewa yang diucapkannya.

Pertama: "Ya, kegiatan kita selama kelas XI semester 1 ini cuma nonton film aja di perpustakaan."

Kedua: "Di kelas saya ini, yang lapar atau haus, silakan beli dulu di kantin. Bawa ke kelas juga nggak masalah. Asalkan bapak dibagi."

Ketiga: "Nanti kalo ulangan, soalnya dua puluh lima buah. Pilihan ganda semua. Soalnya nanti saya kasih tau, lengkap sama jawabannya juga. Tinggal salin. Nggak repot, toh. Kalo belum selesai, bisa dibawa pulang dulu. Nah, kalo nggak dapat seratus, buyar aja kalian sekolahnya".

*angkat Pak Huda*

,,,,,,



Mr.B

Orang yang cinta mati sama SMA 1 Malang. Dia menolak jadi dosen di kampus mana pun karena ingin menghabiskan karirnya di sekolah.

Metode mengajar bahasa Inggris Mr. B adalah semacam kuis yang mengharuskan murid-murid bikin kelompok di dalam kelas untuk berkompetisi mencari nilai tertinggi. Walaupun badannya imut-imut, kalau dia sudah berbicara, speaker kelas bisa tenggelam suaranya. Banyak yang curiga kalau Mr. B ini ada hubungan darah dengan Mario Teguh.

Setiap tahun, di acara gerak jalan HUT SMAN 1 Malang, Mr. B lah yang membacakan sejarah berdirinya SMAN 1 Malang sampai sekarang.

,,,,,,




Pak Eko

Guru Biologi yang satu ini sering ditemukan lagi nongkrong di parkiran sekolah sambil ngerokok sama mas-mas parkir. Entah kapan waktunya mengajar, hanya malaikat yang tahu. Jika bertemu dia, saya biasanya langsung tos. Menurut pengakuan kawan-kawan, semua yang diajarkannya hanya masuk ke otak sebanyak tiga persen.

Pernah suatu hari, di kelas X7, baru mengajar beberapa menit, Pak Eko permisi, "Saya ke belakang dulu."


Satu jam pelajaran berlalu.

Dua jam pelajaran berlalu.

Bel istirahat berbunyi.

....

Dia lenyap ditelan bumi.

,,,,,,




Bu Dwi Astuti.

Salah satu guru yang tidak akan pernah dilupakan oleh anak IPS angkatan mana pun yang telah diajarnya. Bu Dwi Astuti ini... multiprofesi. Selain guru, dia bisa menjadi tukang cukur keliling kalau melihat ada murid cowok yang gondrong. Kadang dia juga bisa menjadi satpol-pp sekolah yang pasti mengambil tindakan kalau ada anak yang bawa kartu, rokok, pisau, pedang, parang, senapan, celurit (ini sekolah apa akademi Yakuza) dan barang di luar pelajaran lainnya.

Tugas akhir Akuntansi bikin jurnal perusahaan sendiri yang dikasih Bu Dwi di akhir kelas XII juga cukup membuat saya duduk lama di meja belajar.


,,,,,,




Bu Ellen

Ini dia, primadona dari semua madona-madona yang ada di sekolah. Guru Biologi ini adalah langganan tampil waktu pensi atau acara lain di SMA 1 Malang. Panitia dengan berat hati harus menyisihkan lima belas menit acara khusus buat Bu Ellen and the Backbone (itu nama band yang cocok menurut saya).

,,,,,,




Pak Joko


#nowplaying: Mars Mitreka Satata.


Kepala ketertiban SMAN 1 Malang di era saya. Momok bagi semua murid. Kalau lihat rambut kepanjangan, baju dikeluarkan atau tidak rapi, celana kepanjangan atau dibikin straight, kaus kaki tidak sampai mata kaki, rok hipster atau di atas lutut, waktu upacara cengengesan atau tidak membawa topi/dasi/sabuk, berada di kantin waktu pelajaran, memakai gelang atau aksesori berlebihan, dan lain-lain..., kalian akan langsung dimasukkan ke ruang eksekusi tata tertib dan akan dicantumkan di Death Note.


#nowplaying Slipknot - Sulfur.


Survei membuktikan, sepuluh dari sepuluh murid SMAN 1 Malang pernah bermasalah sama pak Joko.



,,,,,,


Begitulah, kawan, memori saya dengan para guru waktu zaman sekolah dulu. Semuanya tidak akan terlupakan sampai saya tua nanti. Guru adalah pekerjaan luar biasa. Mereka tidak pernah capek menghafalkan ratusan kepala baru yang datang setiap tahunnya. Semua dilakukan tanpa beban.

Ah, jadi pengin main ke sekolah.

,,,,,,

Terima Kasih Sudah Membaca!

22 Komentar

  1. hahhahahhaha... sumpah ndra.. ngakak aku ... bagus..bagus... kurang satu sebenere..pak kholiq..

    BalasHapus
  2. iya ra, aku gak masukin pak kholik karena gak ada fotonya -___-

    BalasHapus
  3. haha , yang bu asfa sip. sakit bukan kepalang kalo njiwit ato mukul -_____-

    BalasHapus
  4. anonim: siapapun dirimu, cantumkan nama dulu dong hehe. iya emang bu asfa kalo ninju sakitnya sampai ke tulang!

    BalasHapus
  5. wah wah wah,, nggarai iri ae rek,, pengen nang sekolah pisan ngene iki,,

    taukah kalian bu bertha iku ternyata yo humoris nemen ,, mengandung jayus malahan,, ( iling-iling pas ngewitar arek cilik2, guyon2 karo beliau)

    BalasHapus
  6. hhahhahha....
    lucu banget ndra...komentarnya pas semua,,apalagi sang "JOBAS" yang fenomenal dan benar2 gak akan pernah q lupakan (coz aku jadi korban perampasn gelang dan kasus lainnya yg selalu di ruwet sampe ke pak shulton,, jobas2..hhaha),, gak slah kalau jadi peringkat wahid...

    BalasHapus
  7. ngahahahahahaha
    bu hana masukin ndra, guru unforgettable itu. Hobinya njiwit t*t* cowok

    BalasHapus
  8. bower: ayo ke sekolah wer, ke kantin

    nyamuk: hahaha iyo muk ini curhatan siswa tertindas

    rheno: bu hana gak ada fotonya aku, takut dijitak juga -__-

    BalasHapus
  9. agni :
    harusnya ada bu hana juga ndraa

    BalasHapus
  10. agni: bu hana gak ada fotonya sih haha

    BalasHapus
  11. ngakak abis liad ne blog..

    q paling suka comen mu ma bu yayuk.. gitu2 walikelas q dulu ntu.. yang bikin anak X3 di pisah gag karuan..

    harusna bu hana dimsukin ndra..

    BalasHapus
  12. ipe: haha bu yayuk memang bikin kangen :P

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. asolole!!
    awak wes kerjo+kuliah terkadang yo jek kangen masa masa putih abu abu iki :D
    akeh guru sing fenomenal ndek smansa termasuk murid murid e :D

    BalasHapus
  15. Ibuku mana ndra?
    Local genius, hahahaha..

    BalasHapus
  16. bang indra saya suka sama yang ini, karena pa eko guru bang indra sama banget kelakuannya kayak guru saya namanya pak taufik tapi kalo di panggil pak komeng

    BalasHapus
  17. lucu banget burung hantunya XD jadi kangen burung hantu yang ditinggal di Jogja -_-

    BalasHapus
  18. Oww...ternyata muridnya pak joko toh
    Waaah...mana lagi ngomongin beliau
    Gmn klo Pak joko tau y...
    hehehe

    BalasHapus
  19. kiki :
    hahahahaha kocak ceritanya, hati hati loh mas kualat ntar sama guru :p

    BalasHapus
  20. sama aja ea cerita kita. tapi beda orang ja. baik di desa, kota...

    BalasHapus
  21. maaf, saya mau tanya..., kelas xii IPS ada yang namanya raka (Muhammad Fad'ruus Raka), gak ? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus

Popular Posts

CONTACT ME!

Nama

Email *

Pesan *